05 November 2019    |   Skin Care

These are the 12 Reasons on Why You Need Sunscreen

They say not to forget sunscreen wherever you go. What makes sunscreen so important for your skin?
These are the 12 Reasons on Why You Need Sunscreen These are the 12 Reasons on Why You Need Sunscreen These are the 12 Reasons on Why You Need Sunscreen

Girls, kamu sudah rutin pakai sunscreen setiap hari belum? Kamu pasti tahu bahwa kulit adalah bagian tubuh yang sangat butuh dilindungi.

 

Karena itulah kita wajib banget menjaganya dari berbagai hal, termasuk paparan sinar matahari yang berlebihan. Mau berada di luar atau di dalam ruangan, sunscreen tuh penting banget untuk kulit kamu. Sunscreen bakal jadi salah satu produk skincare yang wajib kamu pakai karena berfungsi memproteksi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pingin tahu lebih dalam soal sunscreen? Read on, girls!

 

1.Mengurangi risiko kanker kulit

Bukan cuma buat alasan kecantikan aja, sunscreen penting buat kesehatan. Memakai sunscreen setiap hari bisa mencegah berbagai jenis kanker kulit, terutama melanoma, kanker kulit paling berbahaya yang mematikan!

Selain itu, kulitmu juga bebas dari warna yang tidak merata atau belang, dan tanda-tanda penuaan dini seperti noda-noda gelap dan kerutan. Pakai sunscreen sejak muda lebih gampang lho, daripada harus mengatasi masalah-masalah kulit pas kamu berusia di atas 30 nanti. Jadi, jangan malas pakai dong!

 

2. Bedanya UVA dan UVB

UVA adalah radiasi sinar matahari yang bikin penuaan dini datang lebih cepat, sedangkan UVB bisa bikin kulit menggelap atau sunburn. Biar gampang diingat nih ya: A adalah aging dan B adalah burn. Semua sunscreen biasanya melindungi dari UVB, namun belum tentu UVA. Jadi, sebaiknya cek label kemasan sebelum membeli dan pilih sunscreen yang mampu lindungin kulitmu dari keduanya (broad spectrum coverage).

 

3. Apa itu SPF dan PA?

SPF (Sun Protection Factor) adalah sebuah rating yang menentukan kemampuan sunscreen dalam menangkal UVB. Makin tinggi SPF makin baik deh perlindungannya buat kulit.

Sementara, PA adalah singkatan dari Protection Grade of UVA, yang menentukan kemampuannya dalam melindungi kulit dari UVA. PA biasanya ditulis dengan tanda (+) di belakangnya. Semakin banyak tanda (+), artinya efektivitasnya makin tinggi.

Kalau kamu mencari sunscreen yang bagus dengan kadar SPF dan PA yang baik, kamu bisa mencoba Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ yang terasa ringan di kulit, mudah meresap, gak berminyak, gak bikin wajah bruntusan, dan gak menciptakan white-cast (wajah keputihan). Plus, mengandung aloe vera dan emmolient buat jagain kelembapan kulit. Harganya pun terjangkau dan gampang ditemukan di mana-mana!

 

4. Aplikasikan ulang

Kalau aktivitasmu kebanyakan di luar ruangan, sebaiknya pakai sunscreen setiap dua jam sekali, karena jika sudah terkena keringat atau air, maka produk tidak akan seefektif saat kamu memakainya pertama kali.

 

5. Gak mencerahkan, tetapi mencegah kulit menggelap

Sunscreen gak mengandung bahan pencerah kulit, sehingga salah bila kamu menganggap produk ini akan bikin kulit lebih cerah. Sunscreen mencegah warna kulitmu agar gak menggelap karena sinar UV. Selalu aplikasikan sunscreen ketika kamu berlibur atau berjemur di pantai, ya!

 

6. Tetap gunakan meski berpakaian tertutup

Kemampuan sunscreen dalam memproteksi kulit dari bahaya sinar matahari lebih baik dibandingkan pakaian yang melapisi tubuhmu. Jadi, meskipun kamu berhijab atau sedang memakai pakaian tertutup, tetap pakai sunscreen sebelum berpakaian agar kulit terlindungi secara maksimal.

 

7. Pilih yang waterproof

Sebagian orang lebih mudah berkeringat daripada yang lainnya. Sebagian orang juga lebih senang berolahraga air dibandingkan yang lainnya. If you're one of them, siapin selalu sunscreen yang waterproof agar gak gampang luntur. Jangan lupa, tetap pakai ulang bila kamu berada di bawah matahari dalam waktu lama ya!

 

8. Sesuai jenis kulit

Bila kulitmu kering atau normal, sunscreen dengan tekstur krim bisa jadi pilihan. Untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, memakai water-based suncreen yang ringan dan cepat meresap disarankan banget, karena gak terasa lengket dan membuat kulit wajah bebas kilap. Kalau kulitmu sensitif, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum memilih produk yang tepat. Hindari kandungan minyak, parfum, dan para-aminobenzoic acid atau yang disingkat dengan PABA.

 

9. Sunscreen di dalam kosmetik

Ada banyak makeup yang mengandung SPF, misalnya foundation, cushion, face primer atau pressed powder. Tapi nih, sebaiknya kamu gak membuat mereka menjadi pengganti sunscreen, tetapi sebagai pelengkap aja. Tetap gunakan sunscreen sebelum makeup. Aplikasikan tipis-tipis, tunggu meresap, terus cuci tangan sebelum pakai makeup favoritmu.

 

10. Waktu pemakaian sunscreen

Kapan sih waktu yang tepat untuk memakai sunscreen? Sebaiknya produk ini dipakai paling terakhir setelah kamu menggunakan rangkaian skincare lainnya. Jadi, tepat sebelum makeup. Meskipun kamu gak pingin memakai makeup, sunscreen harus tetap dipakai loh!

 

11. Rutin membersihkan wajah

Memakai sunscreen setiap hari dapat membuat pori-pori tersumbat, terutama dengan SPF tinggi. Cara mengatasinya adalah dengan rutin membersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih wajah yang mampu mengangkat segala makeup, kotoran, dan minyak secara tuntas.

 

12. Cek tanggal kadaluwarsa

Sunscreen yang baru saja diproduksi akan beraksi lebih baik daripada yang sudah lama dibuat. Jadi, kamu harus cek lagi tanggal kadaluwarsa, girls. Udah gitu, jangan gunakan produk yang sudah dibeli terlalu lama. Agar lebih efisien, kamu bisa membeli produk berukuran kecil saja, sehingga bisa menggantinya secara rutin. Produk yang sudah expired bahaya banget buat kulit!

 

Nah, kamu jadi semakin yakin kan untuk pakai suncreen? Mulai sekarang, jangan keluar rumah tanpa perlindungan ya!