23 April 2020    |   Beauty

These 5 Food could Protect Your Skin from UV Rays

It's also important to protect your skin from the inside. Besides sunscreen, there are some food that could protect your skin. What are those? Let's find out!
These 5 Food could Protect Your Skin from UV Rays These 5 Food could Protect Your Skin from UV Rays These 5 Food could Protect Your Skin from UV Rays

Summer is here! Buat kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, musim ini adalah saat dimana matahari bersinar dengan teriknya. Kamu pasti sudah tahu dong bahayanya paparan sinar matahari yang berlebihan bagi kesehatan. Yup, paparan sinar UV yang jahat memang berakibat buruk, salah satunya adalah radikal bebas yang bisa merusak sel di dalam tubuh dan juga kulit kamu.

Nah, makanya pakai sunblock dan sunscreen itu mestinya jadi hal wajib yang harus dilakukan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Tapi, itu aja gak cukup lho untuk bisa melindungi kulit kita. Kamu juga perlu bantu tubuh melindungi diri dari sinar UV dengan makanan yang berfungsi sebagai SPF alami untuk memberikan perlindugan ekstra agar kulit gak mengalami sunburn sekaligus mencegah risiko kanker kulit.  Nah, kira-kira, jenis makanan apa saja yang bisa memberikan perlindungan ekstra buat kulit dari paparan sinar matahari berlebih? Yuk, cari tahu di sini!

Teh Hijau

Gak hanya berfungsi meningkatkan metabolisme, teh hijau juga merupakan salah satu dari makanan dan minuman sehat yang termasuk asupan nutrisi yang baik bagi kulit. Soalnya, teh hijau mengandung senyawa katekin yang berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit dari sengatan matahari dan menghindarinya dari kerusakan jangka panjang akibat radiasi sinar UV.  Gak cuma itu, kalau kamu punya masalah dengan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari, kandungan asam tannic pada teh hijau bisa diandalkan untuk menenangkan kulitmu. Minum dua cangkir teh hijau setiap hari untuk memaksimalkan perlindungannya.

Kunyit

Kamu mungkin mengenal jenis rempah-rempah ini sebagai salah satu bumbu dalam masakan. Tapi ternyata, kunyit punya banyak manfaat buat kesehatan termasuk untuk kulitmu lho. Kandungan antioksidan dan beberapa senyawa yang terdapat di dalamnya bersifat sebagai anti-inflamasi dalam mengatasi sunburn. Buat dapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsinya dalam banyak cara. Bisa dengan cara tradisional dalam bentuk jamu, smoothie yang lebih kekinian, atau teh. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa meracik kunyit yang telah dihaluskan dengan yogurt untuk dijadikan masker buat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Ubi

Salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebasakibat paparan sinar UV adalah beta-karoten. Nah, jenis ini bisa kamu temukan saat mengonsumsi ubi yang memiliki kandungan beta-karoten tinggi di dalamnya. Mengonsumsi ubi secara rutin terutama saat musim panas bisa membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh sinar matahari.

Makanan Kaya Omega-3

Did you know? Makanan kaya omega 3, seperti ikan salmon, tuna, kacang-kacangan dan biji-bijian, punya banyak banget manfaat buat kesehatan tubuh, gak terkecuali kulit kamu. Dengan rutin mengonsumsinya, bisa bantu mencegah jerawat dan penuaan dini, juga mengencangkan sekaligus buat kulit jadi lebih cerah. Plus, jenis makanan ini juga mampu menurunkan risiko kanker karena mencegah radikal bebas dari sinar matahari yang merusak kulit. Nah, dari banyaknya manfaat yang bisa didapat, rasanya gak ada lagi alasan untuk absen mengonsumsi makanan kaya omega-3 dalam asupan harian kita ya. 

 

Asparagus

Jenis sayuran yang satu ini memang terkenal sebagai sumber vitamin E yang baik. Gak heran kalau asparagus dijadikan salah satu makanan yang paling efektif dalam menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel. Manfaat lainnya, asparagus juga mengandung antioksidan tinggi yang bagus banget untuk kamu andalkan sebagai proteksi terhadap paparan sinar matahari di musim panas ini. 

Nah, dengan mengetahui jenis makanan yang bisa bantu memproteksi tubuh dari paparan sinar matahari di atas, kamu sekarang bisa menikmati musim panas dengan lebih seru, girls!