05 November 2019    |   Skin Care

Check On These Things Before You Buy Sunscreen

There are things you should know before you buy or choose your sunscreen. Choose your sunscreen wisely!
Check On These Things Before You Buy Sunscreen Check On These Things Before You Buy Sunscreen Check On These Things Before You Buy Sunscreen

Sinar ultraviolet (UV) gak hanya muncul saat musim kemarau saja, lho! Melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit itu wajib kamu lakukan setiap hari. Apalagi kalau kebanyakan aktivitas kamu ada di luar ruangan.

 

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Ridhawati Muchtar, SpKk (Spesialis Kulit dan Kelamin) karena ternyata, kerusakan sel kulit akibat matahari (bisa berupa penuaan dini dan kanker kulit) terjadi secara kumulatif; berarti terjadi setiap saat kulit kamu terpapar oleh sinar matahari.

Banyaknya produk sunscreen yang dijual di pasaran memang bikin kita tambah pusing buat memilih ya. Duh. Tapi kamu gak usah khawatir girls, Emina Cosmetics punya bocoran dari dr. Ridhawati soal beberapa kriteria penting saat memilih sunscreen. Kira-kira apa saja? Cek di sini!

 

Macam-Macam Sunscreen

Ternyata sunscreen ada 2 jenis lho! "Ada yang berbahan kimia atau disebut juga chemical sunscreen, dan ada yang berbahan dasar mineral yang disebut juga physical sunscreen," jelas dr. Ridhawati. Perbedaannya ada pada konsistensi dari krim tersebut, di mana chemical sunscreen mempunyai tekstur yang mudah merata di kulit, sementara physical sunscreen mempunyai warna putih yang susah diratakan dengan kulit.

 

Perhatikan Tingkat Perlindungannya (SPF dan PA)

Ayo, udah tau belum perbedaan SPF dan PA? SPF (Sun Protector Factor), biasa kamu temukan dalam dalam produk-produk pelindung kulit dari matahari. SPF bisa dikatakan sebagai ukuran seberapa baik produk dapat melindungimu dari sinar matahari, terutama UVB.

Sementara, PA adalah singkatan dari Protection Grade of UVA, yang menentukan kemampuannya dalam melindungi kulit dari UVA. Tingkat perlindungan PA ada 3 tingkat yaitu PA+, PA++, dan PA+++. Semakin banyak tanda (+) dalam produk, semakin kuat tingkat perlindungannnya.

Perpaduan SPF dan PA dalam satu produk akan semakin efektif untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. That's why, penting banget buat kamu memilih produk dengan jumlah SPF dan PA yang tepat sesuai dengan keperluan. "Semakin tinggi jumlah angka indikatornya, semakin tinggi pula efek perlindungannya. Tapi, hati-hati ya sebab produk dengan komponen SPF dan PA yang tinggi dapat memicu iritasi kulit," jelas dr. Ridhawati. Nah, sebelum memilih, tentukan dulu kapan dan untuk apa tujuan penggunaannya. Berikut yang direkomendasikan dr. Ridhawati:

  • Untuk kegiatan sehari-hari: SPF 15 / PA +
  • Saat akan berolahraga atau melakukan kegiatan di luar ruangan: SPF 15-30 / PA ++
  • Buat momen berlibur di pantai atau memiliki aktivitas di bawah terik matahari yang cukup lama: SPF 30-50+ / PA +++

 

Jadi, Harus Pakai Yang Mana?

Penggunaan sunscreen sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. Soalnya, beda jenis kulit beda pula jenis sunscreen yang kamu butuhkan.

  • Misalnya, untuk kulit yang berminyak dan sensitif bisa menggunakan jenis sunscreen yang bebas minyak (oil free) dan berbahan dasar air. Ini supaya sunscreen lebih mudah terserap ke dalam kulit dan gak menyumbat pori.
  • Sedangkan buat kamu yang memiliki jenis kulit kering barulah memilih sunscreen yang mengandung minyak (oil based) karena dapat bantu melembapkan kulitmu. Sunscreen jenis ini juga bisa kamu aplikasikan buat pemilik kulit normal dan kombinasi.
  • Selain itu, ada juga yang bersifat hypoallergenic (tak menimbulkan alergi), noncomedogenic (gak menyumbat pori-pori yang akan menimbulkan komedo), nonacnegenic (gak menimbulkan jerawat), tahan air, dan tahan keringat.

Berbagai produk sunscreen yang dijual di pasaran umumnya terdiri dari jenis dan tekstur yang berbeda. Masing-masing tipe memiliki ciri khas dan sensasi kenyamanan yang berbeda-beda. That's why, agar nyaman dipakai di kulit, kamu tetap perlu memilih produk yang sesuai selera dan kebutuhan kamu, girls!

 

Tips Menggunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen sama pentingnya dengan alas bedak, bahkan lebih. Gak heran kalau banyak studi yang menyarankan semua orang untuk memakai sunscreen setiap hari. Alasannya, penggunaan tabir surya secara rutin gak cuma mencegah kanker kulit, tapi juga menunda penuaan kulit. Makanya, mau berada di luar atau di dalam ruangan, sunscreen tuh penting banget untuk kulit kamu. Kalau aktivitasmu kebanyakan di luar ruangan, oleskan sunscreen 15-30 menit sebelum kamu beraktivitas. Kemudian oleskan sunscreen setiap 2-4 jam (tergantung nilai SPF) apalagi kalau aktivitas kamu banyak terpapar sinar matahari seperti berenang dan kegiatan lainnya yang memicu keringat berlebih.

Mengenakan tabir surya bukan berarti kamu sepenuhnya aman dari radiasi sinar matahari. Tabir surya hanya salah satu produk perlindungan terhadap bahaya sinar matahari. Kelemahan tabir surya adalah mudah terhapus dari kulit jika terkena air atau terhapus oleh handuk atau kain. Karena itu, penggunaannya perlu diulang.

 

So, udah gak bingung lagi kan untuk memilih jenis sunscreen untuk diaplikasikan pada kulitmu?