09 November 2019    |   Skin Care

Begini Cara Ampuh Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Yuk, usir bekas jerawat yang mengganggu tampilan kulit wajahmu!
Begini Cara Ampuh Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Begini Cara Ampuh Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Begini Cara Ampuh Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Apa yang paling menyebalkan dari jerawat? Pastinya, bekasnya yang susah dihilangkan! Kadang, jerawatnya sendiri hanya bertahan 3-7 hari di wajahmu, tapi kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyingkirkan bekasnya.

 

Apalagi kalau "that time of the month", biasanya jerawat yang datang ngak cuma satu, tapi ada beberapa. Artinya? Noda hitam bekas jerawat akan semakin banyak di wajahmu.

Selain rutin membersihkan wajah, mengurangi makanan berminyak dan berlemak, saat berjerawat kamu sangat disarankan untuk tidak menyentuh, memegang atau memencet-mencet jerawat karena bisa membuatnya semakin meradang, iritasi, dan terinfeksi oleh bakteri sehingga meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan setelah kempes! Lalu, gimana ya cara ampuh untuk mengurangi penampakan noda-noda hitam tersebut? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba!

 

1. Vitamin C

Vitamin C terkenal baik dalam mengatasi noda-noda gelap dan meratakan warna kulit karena berfungsi menghalangi radikal bebas yang dapat merusak kulit. Jadi selain mengonsumsi banyak buah yang mengandung vitamin C, kamu juga harus memakai skincare dengan kandungan vitamin C pada wajahmu setiap hari. Biasanya, skincare ini berbentuk serum, karena konsentrat akan lebih powerful pada kulit. Pakai serum vitamin C setiap pagi sebelum kamu mengaplikasikan sunscreen atau saat malam hari sebelum night cream.

 

2. Rangkaian Pencerah

Pakai rangkaian skincare yang mampu mencerahkan kulit, mulai dari facial wash, toner hingga moisturizer-nya. Ini akan bantu kulitmu kelihatan lebih bersih sekaligus menipiskan noda-noda hitam bekas jerawat. Tentu saja kamu harus pilih skincare yang terpercaya, dengan bahan-bahan berkualitas yang sudah terbukti mampu merawat kulit. Jangan sembarangan membeli krim pemutih yang gak jelas bahan-bahannya ya, apalagi yang gak terdaftar BPOM. Please, tahan diri agar gak gampang tergiur pada iming-iming hasil yang instan, dan mulai aktif membaca label atau kandungan pada setiap produk yang ingin kamu beli.

 

3. Home Remedies

Meski tak seefektif produk kemasan, tapi dengan sedikit kreativitas, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah untuk membantu mengurangi noda-noda gelap di wajah. This is how:

a. When life gives you lemon, make a lemon mask! Aplikasikan perasan lemon di seluruh wajah dan leher yang sudah dibersihkan, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu. Bila kulitmu sensitif, kamu bisa mencampur sari lemon dengan air. Lemon kaya akan vitamin C dan sudah terkenal sejak dulu sebagai pencerah kulit yang baik.

b. Campurkan kentang parut dengan madu, kemudian pakailah di wajahmu sebagai masker. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas. Kentang kaya vitamin C, B6, potasium dan mineral yang akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan menyingkirkan sel kulit mati, sementara madu terkenal bisa melembutkan kulit.

c. Buat eksfoliator atau scrub alami dari 1/2 cangkir aloe vera gel, 1 sendok makan gula pasir dan 2 sendok makan air perasan lemon. Bubuhkan di wajah dengan gerakan memutar dan fokuskan ke area yang banyak noda gelapnya. Kemudian bilas dan segera gunakan moisturizer. Lakukan 3 kali dalam seminggu untuk kulit yang lebih halus, lembap dan cerah.

4. Niacinamide, Kojic Acid, Retinol

Selain vitamin C, skincare dengan kandungan niacinamide, kojic acid, atau retinol bisa membantu mempercepat proses pencerahan kulit loh. Tapi, hati-hati juga ya dengan penggunaan retinol karena kandungan ini sangat powerful dan usiamu masih muda banget. Meskipun bermanfaat untuk mengurangi jerawat, bekas jerawat, dan tanda-tanda penuaan dini, namun retinol bisa membuat kulit kering dan mengelupas bila digunakan dalam jumlah banyak atau kadar tinggi.

 

5. Sunscreen

Selain karena bekas jerawat atau bekas luka, noda hitam pada wajah biasanya disebabkan oleh hiperpigmentasi akibat produksi melanin berlebihan oleh melanocyte. Pertumbuhan melanin yang sangat tinggi ini bisa didukung oleh banyak hal. Misalnya, perubahan hormon dan sinar matahari dapat meningkatkan jumlah melanin, sementara pertambahan usiamu akan memengaruhi besarnya ukuran melanocyte.

Jadi, selagi usiamu masih sangat muda, penggunaan sunscreen sudah gak bisa ditawar lagi, ya! Kamu harus menggunakannya setiap hari sebelum keluar rumah untuk mencegah noda gelap muncul lebih banyak.

 

Pencegahan ini akan terasa manfaatnya ketika kulitmu berusia dewasa. Ingat, girls, setelah usia 25 tahun, kulit manusia akan mulai melambat regenerasinya, sehingga noda hitam pada wajah jadi susah banget dihilangkan. Makanya, kita dianjurkan untuk mencegah daripada mengobati!